My Slide Show

24 September 2008

MENU SPESIAL LEBARAN

LONTONG AYAM CIBINONG


lontong ayam cibinong

Lontong yang disajikan dengan gulai ayam dan telur pindang, diambil dari seri masak femina “Primarasa” a’la kakilima 2. Resep membuat lontong ada di sini.

SOTO BETAWI MA’ARUF LAGI


soto betawi ma

Berhubung hari Minggu lagi malas keluar, jadi tanya anak2 mau makan apa? SOTO BETAWI.. karena anak2 suka soto, makanya soto deuy soto deuy.. dan karena soto ini mudah banget membuatnya.. yah.

GADO GADO


gado gado

Waktu masih di jalan Surabaya barang antik ada gado gado enak buatan pak Said, sayur yang sering saya pesan adalah labusiam - nangka - jagung, jadi gado gado pesanan saya hanya terdiri dari 3 jenis sayur tadi. tapi sebenarnya sayur yang komplit ala pak said adalah : kangkung - bayam - nangka muda - labusiam - jagung - kol - pare - ditambah telur rebus kalau suka.

AYAM POP


ayam pop

Siapa yang tidak suka dengan ayam pop? Pasti suka dengan menu yang ada direstaurant Padang ini, pelopor ayam pop itu adalah sebuah restaurant Padang di sekitar Cipanas, soalnya dulu jaman cari2 bahan buat tugas akhir di Bandung pasti memilih naik suburban 4848 ke Bandung, yang akan mampir direstaurant ini.. (aduh lupa nih namanya nanti kalau ingat di update de). *oh akhirnya ingat juga nama restaurantnya SIMPANG RAYA*

Yang kadang bikin ketar ketir adalah 1 ayam pop tidaklah cukup, karena ayam kampung itu kan kecil2.. (Dipta pernah makan 4 pcs ayam pop), mending coba bikin deh. O iya jangan lupa itu sambalnya yang bikin makin mak yes. Resep ini dari buku seri Primarasa ala kakilima.


ayam pop


DAGING ASAM PADEH


asam padeh

Biasanya daging asam padeh ini keluar di waktu Lebaran saja, resep dari nenek, tapi dengan teknologi sekarang (nenek menggiling semua cabe sendiri, saya menggiling dengan food processor), dan yang saya suka juga adalah rasa asam kandis, yang mungkin karena inilah maka namanya asam padeh.. (maaf kalau salah)

SOTO SULUNG


Kepingin yang ringan, segar, walau namanya soto tapi bumbunya ringan, pilihan jatuh ke soto sulung, yang berbumbu ringan tidak seperti soto betawi. Sebenarnya dengan jeroan lebih asik tapi berhubung umur memaksa tidak mengkonsumsi jeroan, tapi buat yang masih muda dan sehat, silakan pakai usus, babat, paru.. (huhuuu slurp)

LAYUR in TOMATO SAUCE


Waktu kecil ibu sering memasak dengan menggunakan bahan2 dari makanan kaleng seperti sardencis, kornet, sosis, waktu itu canned foods termasuk barang mewah. Tapi se iring dengan makin banyaknya pengetahuan tentang makanan, sebaiknya kita menghindari penggunaan makanan kaleng sebisanya. Dan untuk mewujudkan kerinduan akan sardencis kaleng (canned sardines) maka coba buat dari ikan layur masak saus tomat, tanpa tumis2 tinggal cemplung2, dijamin segar.

JUANLO


juanlo

Kalau seumur (baca : manula) pasti tahu restaurant Chinese food jadul yang “megang banget” seperti Tung Kong, Lim Thiam Kie, Trio dlsbnya, hidangannya belum kena “fussion” seperti sekarang.. salah satu hidangan jadul itu namanya Juanlo, kalau sekarang ini mirip dengan shabu2 tapi yang ini Chinese style..
juanlo

Hidangan ini segar dan lumayan buat buka puasa karena hangat segar dan bumbunya tidak terlalu spicy, semoga ini sesuai dengan Juanlo asli, kalau mau tahu, biasanya hidangan ini ada di resepsi2 pernikahan..

TUMPENG 7 BULANAN



Ini acara nujuh bulanan kehamilan seorang keponakan, saya paling senang kalau ada upacara2 adat, karena biasanya hidangannya disajikan secara istimewa.. Seperti foto diatas itu adalah tumpeng tujuh bulanan. Nujuh bulanan adalah upacara yang dilakukan agar ibu dan anak senantiasa selamat. Jumlah nasi tumpeng yang ada adalah 7 buah.

ES DOGER

ES DOGER

Sekarang es doger bukan lagi dijual oleh abang2 dengan pikulannya apalagi kalau di bazar sekolah anak saya, penampilannya sudah lebih canggih. Saya mencoba membuatnya dengan menggunakan ice cream maker, tapi esnya jadi lebih lembut. Es doger ini tidak saya beri accessories lain kecuali kelapa muda dan tape yang langsung dicampur pada pembuatan es doger ini..

Tidak ada komentar:

Ayo Tebak ini Siapa?